Agar Bangun Sahur Menjadi Mudah

Diposting pada

Agar Bangun Sahur Menjadi Mudah – Rambu Islam, bangun makan sahur banyak manfaatnya namun tidak mudah di awal  puasa ramadhan.

Pada saat bulan Ramadan, tiap umat Islam sebelum mengerjakan ibadah puasa makan sahur. Makan di waktu dini hari begitu penting sepanjang bulan Ramadan bagi umat Islam.

 

Di dalam hadist Rasulullah SAW bersabda, “Makanlah sahur, karena terdapat berkah di dalamnya,” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

 

Bangun untuk makan sahur pada hari-hari pertama bulan Ramadan memang tidak mudah bagi beberapa orang. Berikut ini terdapat beberapa tips bagi anda untuk membantu Anda bangun sahur:

 

  1. Selalu ingatkan bahwa sahur merupakan sunnah Rasulullah SAW

 

Bangun lebih awal untuk makan sahur sebelum terbitnya fajar merupakan  kebiasaan Rasulullah SAW. Cobalah untuk melatih diri sebelum datangnya Ramadan sesering mungkin. Ini tidak hanya akan membantu Anda terbiasa bangun untuk makan sahur ketika Ramadan, akan tetapi juga menjadi terbiasa dengan kebiasaan baik.

 

  1. Selalu niatkan untuk mengerjakan sholat tahajud setiap dini hari

 

Sebab Anda sudah terbangun saat dini hari, ini merupakan alasan sempurna untuk memperbanyak sunnah kedua dari rutinitas Ramadhan. Tetapkan tujuan untuk mengerjakan shalat tahajud setiap dini hari untuk memperoleh berkah ekstra. Ingatlah, di setiap amalan baik dan saleh sepanjang bulan Ramadhan akan diperoleh imbalan 10, 70, bahkan 700 kali lebih banyak dari biasanya.

 

  1. selalu Ingatkan diri Anda pentingnya manfaat sahur

 

Bangun untuk makan sahur bukanlah suatu beban. Ini merupakan rahmat dari Allah SWT bahwa kita bisa makan sebelum memulai puasa. Makan sahur bukan hanya memberikan kita manfaat spiritual, tetapi juga memberi manfaat bagi fisik dan mental. Mengisi tubuh Anda dengan asupan yang tepat sebelum melakukan puasa menjadikan Anda bertahan lebih lama, memberikan tubuh lebih banyak tenaga untuk bertahan di sepanjang puasa, dan menjadi lebih percaya diri sepanjang puasa.

 

  1. Hindari tidur larut malam

 

Barangkali ini memang sulit dilakukan ketika Ramadan, apalagi bagi mereka yang sering tidur larut malam. Namun, hal ini akan begitu bermanfaat bagi Anda apabila mempunyai banyak waktu tidur sebelum bangun untuk sahur. Jadi, seusai shalat tarawih, hendaknya Anda segera tidur. Semakin banyak waktu tidur anda dapatkan, maka semakin mudah bangun untuk sahur.

 

  1. Berkomitmen untuk sahur

 

Tempatkan niat di hati Anda bahwa akan bangun untuk sahur. Anda berambisi untuk mencontoh dari praktik Rasulullah SAW dan bangun karena Allah SWT. Anda juga perlu berniat bangun untuk sahur guna memberi energi untuk tubuh dengan makanan yang sehat supaya sehat sepanjang berpuasa. Apabila Anda betul-betul memimpikan sesuatu, maka Anda akan mewujudkannya.

 

Terimakasih telah membaca Agar Bangun Sahur Menjadi Mudah, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik.

 

Sumber : harianriau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *