Amalan Bulan Ramadhan Penghapus Dosa

Diposting pada

Amalan Bulan Ramadhan Penghapus Dosa – Rambu Islam, Puasa ramadhan ialah wajib hikmah puasa di setiap amalan di bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan ampunan. Hingga para ulama mengatakan, kalau tidak mendapatkan ampunan di bulan Ramadhan lalau di bulan mana lagi?

 

Dibawah ini disebutkan beberapa amalan yang dapat menghapus dosa di bulan Ramadhan.

 

  1. Shalat wajib 5 waktu, bertemu dengan hari Jumat dan bertemu dengan bulan suci Ramadhan

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

“Antara shalat 5 waktu, antara jum’at yang satu dan jum’at berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan itu akan diampuni dosa-dosa selagi seseorang menjauhi dosa-dosa yang besar,” (HR. Muslim no. 233).

 

  1. Amalan puasa Ramadhan

 

“Keluarga, anak dan harta, bisa menjerembabkan seseorang pada maksiat (fitnah). Tetapi fitnah itu akan terhapus dengan shalat, puasa, sedekah, amar ma’ruf (mengajak kepada kebaikan) dan nahi mungkar (melarang daripada kemungkaran),” (HR. Bukhari no. 3586 dan Muslim no. 144)

 

  1. Shalat Tarawih (di bulan Ramadhan)

 

Dari Abu Hurairah RA, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

 

“Barangsiapa mengerjakan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) lantaran iman dan mencari ridha, maka semua dosa yang telah lalu akan diampuni,” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

 

  1. Mengerjakan shalat malam pada Malam Lailatul Qadar.

 

Dari Abu Hurairah RA, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

 

“Barang siapa mengerjakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap ridha dari Allah, maka semua dosa yang telah lalu akan diampuni,” (HR. Bukhari no. 1901).

 

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menjelaskan bahwa pengampunan dosa ketika lailatul qadar aialah apabila seseorang mendapatkan malam tersebut, sedangkan pengampunan dosa ketika puasa Ramadhan dan shalat tarawih ialah apabila bulan Ramadhan telah habis. (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 365-366)

 

  1. Zakat fitrah

Dari Ibnu Abbas RA, ia berkata,

 

“Rasulullah SAW member kewajiban zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari ucapan yang sia-sia dan ucapan yang keji, dan juga untuk memberi makan pada orang fakir dan miskin. Barang siapa yang menjalankannya sebelum shalat maka zakatnya diterima dan barang siapa yang menjalankan setelah shalat maka hal itu dianggap sebagai shodaqoh di antara berbagai shodaqoh,” (HR. Abu Daud no. 1609 dan Ibnu Majah no. 1827. Al-Hafizh Abu Thahir menerangkan bahwa sanad hadits ini hasan)

 

Zakat fitrah di akhir Ramadhan, itu juga merupakan sebab memperoleh ampunan Allah. Karena zakat fitrah akan menutupi kesalahan seperti ucapan-ucapan kotor dan sia-sia. Ulama-ulama terdahulu menjelaskan bahwa zakat fitrah bagaikan sujud sahwi (sujud yang dikerjakan ketika lupa, pen.) dalam shalat, ialah untuk menutup kekurangan yang ada. (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 377)

 

Apabila telah banyak pengampunan seperti pada bulan suci Ramadhan, semestinya setiap yang keluar dari bulan Ramadhan keadaannya seperti disebutkan oleh Muwarriq Al-‘Ijliy,

 

“Hari ini kembali suatu kaum seperti mereka yang baru dilahirkan oleh ibu-ibu mereka.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 366). Maksudnya, mereka kembali bersih dan suci dari dosa.

 

Begitu sangat disayangkan apabila keluar dari bulan Ramadhan tidak menerima ampunan apa pun.

 

Qatadah rahimahullah mengatakan,

 

“Barang siapa yang tidak memeproleh ampunan di bulan Ramadhan, maka sungguh di hari lain (di luar Ramadhan), ia pun juga sulit mendapat ampunan,” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 371)

 

Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah menerangkan,

 

“Ketika semakin banyak sebab memperoleh pengampunan dosa pada bulan Ramadhan, maka  bagi siapa saja yang tidak mendapatkan ampunan tersebut, sungguh dia termasuk bernasib buruk,” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 371)

 

Terima kasih telah menyimak Amalan Bulan Ramadhan Penghapus Dosa sesmoga bermanfaat. Tetap simak Rambu Islam sebagai sarana informasi dan media islam terlengkap dan terupdate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *