Amalan Bulan Sya’ban Orang Shaleh

Diposting pada

Amalan Bulan Sya’ban Orang Shaleh – Rambu Islam, Sya’ban merupakan bulan istimewa dan mulia diantara bulan Rajab dan Ramadhan.

Orang-orang saleh pada zaman dulu lebih banyak membaca Al-Quran di bulan Sya‘ban. Kebiasaan mereka kemudian ditandai oleh masyarakat. Tidak heran apabila masyarakat melabeli bulan Sya‘ban sebagai “bulan para pembaca Al-Quran” dan “bulan Al-Quran”.

 

Bahkan Amr bin Qais Al-Mala’i menyudahi aktivitas bisnisnya pada bulan Sya‘ban hanya untuk menyempatkan waktunya untuk bertadarus Al-Quran.

 

Benar bahwa tadarus Al-Quran dianjurkan di tiap bulan. Hanya saja tadarus begitu dianjurkan pada bulan yang penuh berkah semisal bulan Sya‘ban atau Ramadhan, atau pada tempat-tempat agung seperti pada kota Mekkah, Raudhah, dan tempat-tempat lainnya.

 

Hasan bin Sahal meriwayatkan bahwasanya bulan Sya‘ban bertanya kepada Allah SWT, apa sebab ia ditempatkan di antara dua bulan yang agung, seperti Rajab dan Ramadhan? “Aku menjadikanmu sebagai bulan untuk umat-Ku bertadarus,” jawab Allah SWT.

 

Selain tadarus, umat Islam pun dianjurkan banyak-banyak bershodaqoh kepada kaum dhuafa. Hal ini dijelaskan supaya kelompok yang berpenghasilan rendah dan tak menentu bisa menyambut gembira bulan puasa seperti umat Islam menengah ke atas.

 

 

“Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahumullah menegaskan, ‘Kami menerima riwayat dengan sanad dhaif dari Anas RA yang berkata bahwa pada saat memasuki bulan Sya‘ban semua umat Islam tertunduk pada mushaf Al-Quran. Mereka sibuk dengan tadarus dan mengeluarkan harta benda mereka untuk membantu kaum dhuafa dan para orang miskin dalam menyongsong bulan Ramadhan,” (Lihat Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ma Dza fi Sya‘ban?, cetakan pertama, 1424 H, halaman 44).

 

Terima kasih telah menyimak Amalan Bulan Sya’ban Orang Shaleh semoga bermanfaat. Tetap simak Rambu Islam sebagai media bacaan terlengkap dan update setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *