Anjuran Mengkonsumsi Buah Kurma Saat Ramadhan

Diposting pada

Anjuran Mengkonsumsi Buah Kurma Saat Ramadhan – Rambu Islam, banyak sekali manfaat dari buah kurma yang memiliki banyak khasiat.

Ketika bulan puasa, banyak sekali buah kurma yang kering menjadi salah satu menu berbuka. Kurma menjadi andalkan sebab dapat menyeimbangkan kembali energi dalam tubuh, gula darah, tekanan darah yang awalnya rendah karena tubuh seharian tidak mengonsumis makanan apapun.

 

Mengenai nutrisi, buah ini begitu kaya. Terkandung zat besi, kalsium, serat, sukrosa,magnesium, selenium, glukosa, kalium, dan fruktosa di dalamnya. Berikut alasan mengapa mengonsumsi kurma ketika bulan puasa seperti dilansir laman Boldsky.

 

  1. Mengatur nafsu makan ketika berbuka

Pada saat berbuka, timbul keinginan makan sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, jika Anda mengawali dengan makan kurma dapat membantu mengontrol rasa lapar pada saat berbuka. Sehingga, dapat terbebas dari makan berlebih pada saat berbuka.

 

  1. Persiapkan pencernaan selepas kosong seharian

Memakan kurma ketika berbuka sama dengan mempersiapkan pencernaan dapat aktif kembali setelah kurang lebih 13 jam tanpa makanan dan minuman yang masuk. Buah kering ini merangsang sekresi enzim pencernaan yang terdapat di perut.

 

  1. Pencegah sembelit

Kurma penuh dengan serat yang bakal mencegah sembelit. Selain itu, memakan buah berwarna kecoklatan ini dapat meningkatkan gerak peristaltik di usus yang melancarkan ketika buang air besar.

 

  1. Pembunuh bakteri

Beberapa varietas kurma bisa membunuh infeksi bakteri dalam tubuh sebab mereka berfungsi sebagai antibiotik. Pada suatu penelitian terbukti kurma 50% sama efektifnya dengan antiobiotik penisilin.

 

  1. Menurunkan tingkat kolesterol

Kolesterol membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap sehat.

 

Sumber: liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *