Berkah Dan Manfaat Makan Sahur

Diposting pada

Berkah Dan Manfaat Makan Sahur – Rambu Islam, sahur merupakan rutinitas di bulan ramadhan yang mengandung banyak kebaikan.

Makan sahur merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan ketika Ramadan. Setiap Muslim diwajibkan bangun  pada saat mata dan tubuh masih dalam balutan selimut.

Rasulullah SAW menerangkan bahwa Allah SWT akan memberi pahala bagi siapa saja yang mengerjakan sunnah Nabi ini. Demikian Allah menyayangi hamba-hamba-Nya dengan dimudahkannya kita untuk memperoleh pahala. Lantas apa sebab makan sahur menjadikan salah satu jalan memperoleh pahala? Berikut selengkapnya.

 

“Siapa yang ingin berpuasa hendaknya makan sahur dengan sesuatu.” (HR. Ahmad)

 

Sebetulnya, makan sahur terdapat manfaat untuk diri sendiri. Namun begitu baiknya Allah memberi daya tarik tersendiri dengan memberi pahala supaya hamba-Nya bersedia melakukan kegiatan sahur ini. Adapun kebaikan makan sahur antara lain sebagai berikut.

 

1.Makan sahur artinya menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW. Apabila seseorang berniat makan sahur untuk menjalankan sunnah Nabi dan mencontoh cara beliau berpuasa maka makan sahurnya bernilai ibadah. Dengan demikian, makan dan minumnya jadi berpahala.

 

2.Makan sahur bersamaan dengan waktu yang makbul untuk berdoa. Sehingga dengan bangun sahur, manusia mempunyai banyak waktu untuk berdoa, membaca dzikir kepada Allah dan berkesempatan memperoleh pahala dengan berbagai ibadah tersebut.

 

 

3.Makan sahur berarti menyalahi kebiasaan Ahlul Kitab. Seseorang muslim tertuntut untuk bersikap demikian, yaitu menghindari tradisi dan kebiasaan mereka. Rasulullah SAW bersabda, “Perbedaan puasa kita dengan puasa ahli kitab ialah makan sahur.” (HR. Al-Nasa’i)

 

Jadi sebab Allah SWT memberikan pahala untuk orang yang makan sahur ialah supaya manusia tertarik untuk mengerjakan sunnah tersebut, sehingga mereka dapat merasa segar dan bugar mengerjakan ibadah di siang hari, dengan demikian manusia bisa mendapatkan pahala yang banyak dari Allah SWT, dan dirinya terselamatkan dari siksa api neraka.

 

Terima kasih telah menyimak Berkah Dan Manfaat Makan Sahur mudah-mudahan bermanfaat dan mendapat keberkahan di dalam berpuasa.

 

Sumber : islampos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *