Cemburu Yang Dibolehkan Dan Yang Dilarang

Diposting pada

Cemburu Menurut Islam – Rambu Islam, cemburu adalah sifat yang manusiawi simak selengkapnya tentang cemburu dalam islam.

Cemburu adalah suatu hal yang wajar bagi pasangan suami dan istri. Tetapi demikian tentu Islam memberi batasan kecemburuan-kecemburuan itu supaya rasa cemburu tetap terkontrol sebagai pembawa rahmat bagi kehidupan dalam rumah tangga.

 

Islam membagi dua rasa cemburu, yakni cemburu yang diperbolehkan dan cemburu yang dilarang. Cemburu yang dilarang ini bisa berakibat datangnya murka Allah SWT. Selain menjadikan murka Allah menimpa suami, jangan sampai kecemburuan itu membuat Allah murka pada si istri sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Jabir bin Atiq berikut.

 

“Sesungguhnya sifat cemburu itu ada yang dicintai oleh Allah dan ada pula yang dibenci oleh Allah. Adapun cemburu yang disukai ialah cemburu yang berdasar dengan rasa curiga (adanya bukti yang jelas). Adapun cemburu yang dibenci ialah cemburu yang tidak dilandasi dengan bukti yang jelas.”

 

Ibnu Hajar menjelaskan, yang dimaksud dengan cemburu di atas ialah pada saat seorang istri cemburu dengan suami karena selingkuh dengan orang lain, lewat sesuatu yang dilarang oleh Allah macam zina.

 

Apabila kecurigaan tersebut dilandasi dengan adanya bukti yang jelas, maka itu fir ribah, yaitu diridhai oleh Allah. Sebaliknya apabila kecurigaan kepada suami yang selingkuh itu tidak didasari dengan bukti, maka hal tersebut sangat dibenci oleh Allah.

 

Namun menurut Ibnu Hajar, perihal itu berbeda apabila seorang istri cemburu terhadap suami yang mempunyai istri dua atau lebih. Apabila sang suami sudah berusaha untuk berbuat adil namun sang istri masih tetap saja cemburu, maka hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan manusiawi, asalkan kecemburuan si istri tersebut tidak sampai ditunjukkan dengan tindakan-tindakan yang melanggar ketentuan-ketentuan Allah SWT. Alangkah baiknya kecemburuan diselesaikan dengan dialog dengan pasangan karena musyawarah adalah jalan terbaik menyelesaikan masalah.

 

Terima kasih telah menyimak Cemburu Yang Dibolehkan Dan Yang Dilarang dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang sudah berpasangan untuk saling menutupi kekurangan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *