Doa untuk Orang Yang Masih Ragu Berkendara

Diposting pada

Banyak sekali orang yang belum percaya diri dalam mengendarai sepeda, motor, atau mobil di jalan raya, ketidakpercayaan diri mereka ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya belum terlalu menguasai, belum cukup pengalaman, pernah mengalami trauma, atau sudah lama tidak mengendari kendaraan yang dimaksud.

Bagi orang yang belum percaya diri dalam berkendara, kita dianjurkan untuk mendoakannya dengan doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ ثَبِّتْهُ وَاجْعَلْهُ هَادِياً مَهْدِيًّا

Allâhumma tsabbithu, waj‘alhu hâdiyan mahdiyyan.

Artinya, “Ya Allah, tetapkanlah (hati)-nya dan jadikan ia pemberi petunjuk dan tetap berada dalam petunjuk.”

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim yang dikutip Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar sebagai berikut:

روينا في صحيحي البخاري ومسلم عن جرير بن عبد الله البجلي رضي الله عنه قال: شكوت إلى النبي (صلى الله عليه وسلم) أني لا أثبت على الخيل، فضرب بيده في صدري وقال: اللهم ثبته واجعله هاديا مهديا

Artinya, “Kami diriwayatkan di dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim dari Jarir bin Abdullah RA, ia berkata, ‘Aku mengadu kepada Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bahwa aku tidak mantap dalam mengendarai kuda.’ Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam lalu menepuk tangannya ke dadaku. Ia berdoa, ‘Ya Allah, tetapkanlah (hati)-nya dan jadikan ia pemberi petunjuk dan tetap berada dalam petunjuk,’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 275).

Dengan doa ini, kita mengharapkan seseorang lebih percaya diri sehingga tidak panik dalam berkendara serta dapat menguasai kendali kendaraan yang ditumpanginya. Wallahu a‘lam.

(Alhafiz K)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *