Hati-Hati Dalam Mencari Rezeki

Diposting pada

Hati-Hati Dalam Mencari Rezeki – Rambu Islam, mencari rezeki merupakan suatu kewajiban bagi setiap insan dan pasti harus rejeki yang halal.

 

Pembaca Rambu Islam yang dermawan dan Budiman, berhati-hati dalam mencari rizqi adalah hal yang begitu penting untuk kebaikan agama dan kehidupan kita. Banyak sekali keterangan-keterangan yang menjelaskan tentang hal ini, baik dalam Al-Quran, Hadits ataupun nasihat para ulama.

Well, melalui tulisan yang sederhana ini kita akan sedikit mengulas betapa pentingnya rizqi halal dan kenapa si kita harus selalu berusaha untuk mencari rizqi yang halal.

MENCARI HALAL TU KEWAJIBAN BRO..
ALLAH Subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya :
“Wahai sekalian manusia makanlah segala yang halal lagi baik dari apa yang ada di bumi. Janganlah kamu mengikuti bujuk rayu syetan, sungguh dia adalah musuh yang nyata bagi kalian semua” (Al-Baqoroh:168), Ayat serupa juga ada di Surat Al-Maidah : 88 dan An-nisa Ayat 29).

Selain ayat di atas, Nabi juga bersabda:
“Mencari pekerjaan (rizqi) halal adalah kewajiban sebagaimana kewajiban yang lain”.(HR. Al-Bukhori).

Nah, sebagaimana kita diwajibkan untuk sholat, puasa, dan zakat, kita juga diwajibkan untuk berusaha mencari rizqi yang halal.

AGAR SEMANGAT BERBUAT BAIK
Seorang ulama besar bernama Syeikh Sahal At-Tusturi beliau menyatakan,
“Barangsiapa senantiasa berusaha mengonsumsi yang halal maka mau-tidak mau anggota tubuhnya akan mudah untuk berbuat taat. Dan barangsiapa mengonsumsi yang haram maka mau tidak mau anggota tubuhnya begitu ringan untuk berbuat maksiat baik”

So, jika dalam diri kita ada rasa malas/sulit untuk berbuat taat dan mudah terjerumus maksiat ada baiknya kita koreksi apa yang kita konsumsi.

AGAR IBADAH KITA DITERIMA
Nabi Muhammad bersabda,

“Barangsiapa membeli baju seharga sepuluh dirham dan satu dirham diantaranya adalah uang haram, maka ALLAH tidak akan menerima shalatnya selama ia memakai baju itu” (HR. Ahmad)

Waduh, kalau sepersepuluh nya haram saja tidak diterima apalagi kalau semuanya haram? naudzubillah min dzalik… ??

Al-Imam Ibn Ruslan menerangkan dalam Kitab Zubad,
“Perbuatan taat dari orang yang suka makan haram, itu ibarat membangun di atasnya derasnya gelombang laut”

Membangun pondasi di atas gelombang itu sebuah hal yang hampir tak berbekas dan mustahil untuk dijadikan sebuah bangunan yang kokoh, maka begitu pun gambaran orang yang rajin beribadah tapi kurang waspada terhadap hal-hal yang diharamkan ALLAH.

SUPAYA DOA MUDAH DITERIMA
Mengenai hal ini Rasulullah bersabda,

“Ada seorang laki-laki yang kusut dan berdebu (nampak seperti habis bepergian jauh), ia menengadahkan tangannya ke langit sembari terus berdoa, akan tetapi makanannya haram, minumannya haram, dibesarkan dari barang haram, maka bagaimana mungkin doanya akan dikabulkan?” (HR. Ahmad).

Jadi kalau kita sering berdoa tapi apa yang kita panjatkan tak kunjung tiba, ada baiknya periksa kembali rizqi yang kita peroleh.

RIZQI HARaM ITU NGGAK ADA UNTUNGNYA
RASULULLAH Shollallohu alaihi wa sallam bersabda,
“Ketika seseorang bekerja kemudian mengambil harta yang haram, maka jika ia sedekahkan sedekahnya tidak akan diterima (oleh ALLAH). Dan apabila dia gunakan untuk menafkahi kebutuhannya, maka urusannya tidak akan diberkahi dan jika ia tinggalkan hingga mati (sebagai warisan) maka harta itu akan menjadi salah satu modal yang menuntunnya ke neraka. ” (HR. Ahmad, Thobroni dan Hakim).
Naudzubillahi min dzalik ??.

AYO PERBAIKI MINDSET!
Kita sering mendengar semboyan, “Wah zaman sekarang tu nyari yang haram saja susah apalagi yang halal?”. “Dibela-belain bohong saja untungnya sedikit gimana kalau jujur?” bla..bla…

Pernah nggak ndenger omongan semacam ini?? Atau jangan-jangan kamu yang ngomong ya? Hehehe…

Saudaraku, sejujurnya pola pikir semacam inilah yang sering membuat kita mati langkah, kita sering tergesa-gesa mengambil yang haram sehingga akses rejeki yang halal menjadi tertutup.

Sejatinya jika kita mau bersabar untuk mencari yang halal walaupun nampak sedikit, tapi -insya ALLAH- kita akan dipantaskan untuk selalu mendapatkan rizqi yang halal.

MOTIVASI RIZQI
ALLAH Subhanahu wa ta’ala memberikan kita tips agar senantiasa diberi jalan yang melimpah,
“Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh dalam menempuh jalan Kami maka pasti akan KAMI tunjukkan jalan yang melimpah untuk nya. Sungguh ALLAH akan senantiasa bersama orang-orang yang gemar berbuat baik. “(Al-Ankabut:69).

Nabi juga memberi motivasi kepada kita,
“Sungguh, jika engkau meninggalkan sesuatu karena dasar taqwa kepada ALLAH, pasti ALLAH akan memberimu yang lebih baik dari apa yang engkau tinggalkan”. (HR.AHMAD).

Mudah-mudahan cataatan sederhana tentang Hati-Hati Dalam Mencari Rezeki dapat bermanfaat. Kita berdoa bersama, semoga ALLAH subhaanahu wa ta’ala mengampuni segala dosa dan rizqi haram yang terlanjur kita konsumsi..

Semoga ALLAH senanantiasa menuntun, memabantu usaha-usaha kita dalam mendapatkan rizqi yang halal sehingga kenikmatakan ini tidak berakhir dengan nestapa, menjadi kebahagiaan hakiki hingga di syurga. Amiin Ya Robbal Alamiin..

 

Sumber : Gus Ajir Ubaidillah, Pengasuh PP Nurul Huda Langgongsari Banyumas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *