Hikmah Puasa Wajib Bulan Ramadhan

Diposting pada

Hikmah Puasa Wajib Bulan Ramadhan – Rambu Islam, banyak sekali hikmah puasa ramadhan diantaranya manfaat puasa bagi kesehatan.

Ibadah puasa merupakan suatu amalan yang baik di dalam Islam, puasa dibagi menjadi 2 yaitu sunnah dan ada yang wajib. Diantara puasa yang wajib salah satunya ialah puasa di Bulan Ramadan. Lalu, apakah Anda paham apa saja hikmah dari kewajiban berpuasa?

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS. al-Baqarah: 183).

 

Diantara hikmah diwajibnya puasa adaah supaya kita bertaqwa dan menyembah Allah SWT. Taqwa ialah melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi yang dilarang-Nya. Secara khusus taqwa ialah menjalankan apa yang telah diperintahkan dan menjauhi apa yang telah dilarang. Rasulullah SAW,

 

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta, selalu melakukannya dan tidak meninggalkan kebodohan, maka Allah tidak akan memberikan pahala atas puasanya,” (HR. Al-Bukhari).

 

Dari sini sudah jelas bahwa orang yang mengerjakan puasa dan melakukan segala kewajiban, maka dia akan menjauhi segala perbuatan yang haram baik yang berbentuk perkataan ataupun perbuatan, sehingga dia tidak mencaci manusia, tidak berdusta, tidak mengadu domba di antara mereka, tidak memperjual belikan barang yang haram dan meninggalkan segala macam perbuatan yang diharamkan. Apabila manusia dapat menjalani semua itu dalam waktu sebulan penuh, niscaya dirinya akan berjalan lurus di bulan-bulan berikutnya.

 

Tetapi sayangnya, banyak sekali orang yang mengerjakan puasa namun masih melakukan perbuatan maksiat seperti biasanya, seolah-olah Ramadhan sama dengan bulan yang lainnya. Jelas ini buruk, karena bisa jadi ia dicatat menjalankan puasa, namun pahalanya hangus tak berbekas karena perbuatan maksiatnya.

 

Terima kasih telah menyimak Hikmah Puasa Wajib Bulan Ramadhan semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

 

Sumber: konsultasisyariah.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *