Hukum Memakai Obat Tetes Mata Pada Saat Puasa

Diposting pada

Apakah termasuk batal puasa seseorang apabila menggunakan obat tetes mata atau tetes hidung bagaimana hukumnya?

OBAT tetes mata kadang banyak yang masih ragu menggunakannya ketika sedang berpuasa. Lalu hukumnya menggunakan obat tetes hidung, mata dan juga telinga untuk orang yang sedang berpuasa?

 

Apabila tetesan itu sampai masuk ke dalam perut maka puasanya menjadi batal, seperti yang telah diterangkann dalam hadits Luqaith bin Shabrah yang mana Nabi SAW bersabda kepadanya,

 

“Sempurnakanlah dalam membersihkan hidung, kecuali jika kalian sedang berpuasa,” (HR. Abu Dawud).

 

Orang yang sedang puasa dilarang meneteskan obat tetes ke dalam hidungnya sehingga masuk ke dalam perutnya. Dan apabila tetesan tersebut tidak sampai masuk ke dalam perut, maka tidak membatalkan.

 

Adapun mengenai obat tetes mata juga obat tetes telinga tidak menyebabkan batalnya puasa, sebab tidak ada nash yang menerangkan tentang batalanya dan tidak ada pula nash yang semakna dengan hal tersebut.

 

Mata bukanlah jalan untuk makan dan minum, juga dengan telinga, dia seperti pori-pori kulit lainnya. Sebagian ilmuwan mengatakan, bahwa apabila seseorang digelitik pada telapak kakinya, maka dia akan merasakan sesuatu pada tenggorokannya, tetapi hal tersebut tidaklah membatalkan puasa.

 

Demikian juga seseorang yang memakai celak, menggunakan tetes mata, atau juga tetes hidung tidak membatalkan puasa, ataupun mendapatkan rasa di tenggorokannya. Begitu juga apabila seseorang mengolesi dirinya dengan minyak untuk berobat atau untuk selain berobat, maka hukumnya diperbolehkan.

 

Begitu juga dengan seseorang yang mengalami sakit sesak nafas, lalu mnggunakan oksigen yang dimasukkan ke dalam mulutnya supaya mudah dalam bernafas juga tidak membatalkan puasa, karena hal tersebut tidak sampai ke dalam perut, sehingga tidak dikategorikan makan atau minum.

 

Demikian uraian singkat mengenai Hukum Memakai Obat Tetes Mata Pada Saat Puasa semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

 

sumber : islampos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *