Humor Gus Dur Debat 3 Agama

Diposting pada

Humor Gus Dur Debat 3 Agama – Rambu Islam, debat agama antara Islam Kristen dan Budha dengan perwakilan masing-masing agama.

Pemuka agama Islam, Kristen, dan Budha sedang berdebat. Gus Dur tentu sebagai wakil dari agama Islam. Ketika itu perdebatan tentang agama mana yang paling dekat dengan Tuhan ?

 

Seorang biksu Budha membalas duluan. “Agama sayalah yang paling dekat dengan Tuhan, sebab setiap kali kita beribadah pada saat memanggil Tuhan kita menyebut ‘Om’. Nah kalian semua tahu sendiri kan seberapa dekatnya diantara paman dengan keponakannya?”

 

Kemudian seorang pendeta dari agama Kristen membantah.“Ya tidak bisa begitu, pasti agama saya yang lebih dekat dengan Tuhan.” ucap pendeta

 

“Lho kok bisa ?” balas biksu dengan rasa penasaran.

 

“Mengapa enggak, agama anda jika memanggil Tuhan hanya sebutan om, di dalam agama saya memanggil tuhan itu dengan sebutan ‘Bapa’ Nah anda tahu sendiri kan lebih dekat mana anak dengan bapaknya dibanding keponakan dengan pamannya,” jawab pendeta.

 

Gus Dur yang dari tadi belum mengeluarkan argumen masih tetap tertawa malah terbahak-bahak setelah mendengarkan argumen dari pendeta.

 

“Lho kenapa anda kok anda tertawa terus?” tanya pendeta heran.

 

“Apakah anda menganggap bahwa agama anda lebih dekat dengan tuhan?” sahut biksu bertanya kepada Gus Dur.

 

Gus Dur masih tertawa seraya mengatakan “Ndak kok, saya ndak ngomong gitu, boro-boro dekat  malah agama saya yang paling jauh sendiri dengan Tuhan.” jawab Gus Dur yang masih tetap tertawa.

 

“Lah kenapa bisa begitu ?” tanya pendeta dan biksu terheran-heran.

 

“ Lah bagaimana tidak, lah wong kalau di agama saya itu jika memanggil Tuhan saja mesti pakai Toa (pengeras suara),” jawab Gus Dur.

 

Sumber : Ahmad Lailatus Sibyan, santri asal Jawa Tengah, tinggal di Yogyakarta

NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *