Inilah Azab Menyiksa Kucing Hingga Mati

Diposting pada

Inilah Azab Menyiksa Kucing Hingga Mati – Rambu Islam, Hukum menyakiti kucing dalam islam jangan dianggap remeh sebab terdapat azab yang begitu pedih.

Pembaca Rambu Islam yang mulia akhlaknya, pagi tadi kami mendapatkan nasihat yang sangat agung saat membaca Kitab Tajridus Shorih yang merupakan kumpulan-kumpulan hadits shohih Imam Al-Bukhori. Dalam kitab tersebut diterangkan sabda Nabi Muhammad Shollalohu alaihi wa sallam,
Artinya: “Nafi’ bin Umar bercerita dari Ibn Abi Mulaikah dari Asma binti Abu Bakar Rodhiyallohu Anhum, bahwasanya Rasulullah Shollallohu alaihi wa sallam melaksanakan shalat gerhana kemudian beliau bersabda, “Neraka didekatkan kepada ku ternyata di dalamnya ada seorang perempuan yang sedang dicakari oleh seekor kucing”. Maka beliau bertanya kepada penduduk neraka, “Apa yang terjadi dengan perempuan ini?”. Maka mereka menjawab, “Dahulu dia menganiaya kucing itu dengan memenjarakannnya hingga mati kelaparan.” (HR. Al-Bukhori)

Subhaanalloh jika menganiaya kucing saja bisa berakibat fatal seperti itu lalu bagaimana jika menganiaya manusia yang jelas-jelas mendapat label mulia dari sang pencipta?. Hadits ini mengajarkan kita untuk tidak berbuat semena-mena kepada siapapun, sekalipun terlihat sepele bisa jadi itulah yang akan mengakibatkan kita celaka.

Berkaitan dengan hal ini Al-Imam Ali Zainal Abidin, cucu Rasulullah sholllohu alaihi wa sallam memberikan nasihat,
Artinya: “Sungguh ALLAH menyembunyikan tiga perkara di balik tiga perkara,

  1. ALLAH menyembunyikan ridho / pertolongan-NYA di setiap ketaatan maka jangan sesekali meremehkan ketaatan sekalipun kecil karena bisa jadi di situlah letak keridhoan ALLAH.
  2. ALLAH menyembunyikan murka-NYA di setiap kemaksiatan yang ada, maka jangan pernah menyepelekan setiap perbuatan maksiat karena bisa jadi di situlah letak kemurkaan ALLAH.
  3. ALLAH menyembunyikan kewalian di setiap hambanya-NYA, maka jangan pernah menyepelekan seorangpun dari hamba ALLAH karena bisa jadi dialah yang mendapatkan kewalian tersebut.”

WASPADA DALAM UCAPAN DAN TINDAKAN
Pembaca Rambu Islam yang mulia akhlaknya, seiring berkembangnya tekonologi dan media informasi, akhir-akhir ini kita semakin banyak melihat orang yang dengan entengnya bertindak atau berkomentar tanpa berfikir apakah kalimat itu diridhoi ALLAH?, lantas adakah pihak yang tersakiti dengan statmentnya itu?. Nabi pernah mengingatkan kita,
“Sungguh, ada seseorang yang berbicara dengan satu kata yang diridhoi ALLAH padahal ia menganggap perkataannya adalah hal biasa. Ternyata dengan ucapan itu ALLAH mengangkat tinggi derajatnya. Dan sungguh ada pula orang asal berbicara dengan satu kalimat yang ia anggap remeh dan ternyata menyebabkan kemurkaan ALLAH sehingga akibat ucapan itu ia terplanting ke neraka jahannam” (HR.Al-Bukhori)

Oleh karena itu mari mawas diri! jangan sampai kita celaka akibat hal-hal yang kita anggap remeh dan ternyata menjermuskan kita menuju malapetaka. Mari jaga dan koreksi selalu segala tindakan, ucapan, status serta segala komentar kita. Pastikan bahwa semua itu mengandung kebaikan dan manfaat sehingga insya ALLAH kita akan senantiasa mendapatkan ridho dan pertolongan ALLAH. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk saya pribadi dan semua yang membacanya. Amiin Ya Robbal Alamiin

Tetap simak Rambu Islam dan jadikan sebagai sumber informasi tentang dunia islam dari sumber terpercaya.

 

Sumber : Gus Ajir Ubaidillah, Pengasuh PonPes Nurul Huda Langgongsari-Cilongok-Banyumas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *