Inilah Doa Rasulullah Ketika Hadirnya Lailatul Qadar

Diposting pada

Inilah Doa Rasulullah Ketika Hadirnya Lailatul Qadar – Rambu Islam, doa yang dipanjatkan Nabi Muhammad SAW ketika malam lailatul qadar.


Di hari-hari terakhir bulan ramadhan terutama sepuluh malam terakhir bulan ramadhan, Rasulullah Muhammad SAW menyambut malam terbaik itu dengan menganjurkan kepada umatnya supaya melakukan i’tikaf di masjid. Biarpun i’tikaf dapat dikerjakan kapan saja.

Bahkan menurut Imam Syafi’i, biarpun hanya sebentar seraya dengan niat yang suci, namun Rasulullah Muhammad SAW senantiasa mengerjakannya di sepuluh hari dan malam-malam terakhir bulan Ramadhan. Disitulah beliau banyak membaca Al-Qur’an dan merenung sambil berdoa. Sebuah doa yang sering dibaca oleh beliau dan hayati maknanya ialah :

 

Rabbana atina fiddunya hasanah, wafil akhirati hasanah waqina ‘adzaabannar.

 

(Ya Tuhan kami, limpahkanlah kepada kami kkebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka).

 

Doa yang sering dibaca oleh Rasulullah tersebut tidak sekadar berarti permintaan untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat, akan tetapi juga untuk memantapkan tindakannya dalam berupaya mendapatkan kebaikan yang dimaksud. Maksudnya daya atau kesangggupan untuk memperoleh kebaikan tersebut. Karena doa sendiri memuat arti permintaan yang disertai usaha.

 

Bila yang seperti itu bisa didapatkan oleh manusia, maka sudah tentu ia telah mendapatkan kemuliaan dunia dan akhirat. Sebab itulah, tidak heran bila kita mendengar jawaban Nabi Muhammad SAW yang menunjuk pada doa tersebut disaat istri beliau, Aisyah RA menanyakan doa apa yang semestinya dibaca bila ia merasakan hadrinya malam lailatul qadar?

 

 

Dikutip dari buku karya M. Quraish Shihab

Redaksi : Fathoni NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *