Keadaan Perempuan Muslimah Di Surga

Diposting pada

Keadaan Perempuan Muslimah Di Surga – Rambu Islam, bagaimana kondisi wanita yang membawa kesalehan di akhirat dan gambaran bidadari surga.


Dikisahkan Rasulullah Muhammad saw. ketika itu ditanya oleh Ummu Salamah. “Wahai Rasulullah, lebih mulia manakah perempuan muslilmah dibandingkan bidadari?”. Rasul menjawab,”Kecantikan perempuan muslimah lebih rupawan dan lebih mempesona daripada kecantikan bidadari. Mendengar jawaban Rasulullah Ummu Salamah kembali bertanya,” Wahai Rasulullah apa sebab hal itu dapat terjadi?”

Rasulullah bersabda,” Karena sholat, puasa serta amal ibadah mereka. Disana perempuan muslimah berparas cantik, wajahnya memancarkan cahaya, tubuhnya halus layaknya sutera, kulitnya putih bersih seperti mutiara, mengenakan pakaian hijau berias bermacam-macam permata, sambil berkata,” Kami kekal selamanya, tidak akan pernah mati lagi. Kami pemberi nikmat abadi, tidak akan menyakitkan hati. Kami selalu melayani dengan ikhlas, tak jemu kami mendampingi. Betapa bahagianya orang yang kami dampingi, dan kami juga bahagia berada di sisinya.”

Mendengar jawaban dari Rasulullah, Ummu Salamah masih penasaran dan kembali bertanya,” Wahai Rasululah ada diantara perempuan yang telah menikah hingga dua,tiga sampai empat kali, kemudian dia mati dan masuk surga?” Rasul menjawab,” Wahai Ummu Salamah, perempuan itu diperbolehkan memilih suami yang terbaik akhlaknya sambil berkata,”Ya rabbi, dia adalah suami yang terbaik akhlaknya disaat berdampingan denganku didunia. Sebab itu kini nikahkanlah diriku dengannya.” Kemudian Rasulullah menersukan sabdanya,” Wahai Ummu Salamah, akhlak yang baik akan mengantarkan seseorang memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.”

Percakapan antara Ummu Salamah dan Rasulullah saw. Ummu Salamah yang aslinya bernama Hindun bintu Abi Umayyah bin Al-Mughirah bin ‘Abdillah bin ‘Umar bin Makhzum bin Yaqzhah bin Murrah Al-Qurasyiyyah Al-Makhzumiyyah. Dia lebih dikenal sebab keelokan dan akhlaknya yang terpuji. Bahkan Aisyah binti Abu Bakar RA dan Hafsah binti Umar RA mengakui kecantikan Ummu Salamah.

Dari dialoh diatas menjadikan suatu keterangan bagaimana kehidupan ddi alam surga. Salah satunya Dalam dialog sebelumnya Rasulullah saw. menegaskan firman Allah SWT yang berbunyi ,” Didalam surga terdapat bidadari-bidadari yang bermata jeli bagaikan mutiara yang tersimpan baik.” Rasulpun menjawab,” Mereka memiliki kulit yang putih matanya indah, dan beralis tebal. Cantik tidak ada cacat, seperti mutiara yang tidak pernah tersentuh, memancarkan kilau cahaya suci. Kemudian Ummu Salamah kembali bertanya mengenai firman Allah SWT,” Di dalam surga terdapat bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.” Lalu Ummu Salamah meminta penegasan mengenai firman Allah, “ Seolah-olahn mereka telur burung unta yang tersimpan dengan baik.”

Rasulullah saw. menjawab lagi,”Sungsum tulangnya tampak dari luar, sampai terlihat cantik menawan.” Ummu Salamah bertanya lagi mengenai firman Allah SWT yang berbunyi,” Penuh cinta kasih lagi sebaya umurnya.” Rasul saw. Menjawab,” Mereka merupakan wanita-wanita tua yang meninggalkan dunia dengan membawa kebaikan, lalu diubah hingga muda kembali dan sebaya umurnya. Dan, itulah kebesaran Allah SWT.”

 
Source : islami.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *