Keadaan Tubuh Ketika Awal Berpuasa

Diposting pada

Keadaan Tubuh Ketika Awal Berpuasa – Rambu Islam, awal Puasa Ramadhan mungkin membuat tubuh agakkaget karena belum terbiasa.

Ketika minggu awal menjalani puasa Ramadhan, apa lagi pada saat hari pertama dan kedua, terasa agak berat. Tubuh akan ditimpa rasa lapar yang amat sangat hingga terasa lemas.

Pada minggu awal puasa Ramadhan, tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak sebagai tenaga sehingga sistem kekebalan tubuh jadi meningkat. Pada saat masuk minggu kedua, detoksifikasi alami tubuh berjalan dengan efisien.

Pada saat minggu ketiga dan keempat, tubuh sudah mampu terbiasa dengan keadaan berpuasa. Hasil detoksifikasi telah menjadikan tubuh memperbaharui jaringan yang rusak.

Akan tetapi, untuk melancarkan proses tersebut, ahli gizi dari Slim Gourmet Catering, Desy Nur Arista, member saran untuk membuat persiapan 1-2 minggu sebelumnya, antara lain dengan menambah sedikit porsi makan sipaya tubuh menjadi terbiasa makan lebih banyak.

 

“Selain itu, tingkat waktu tidak makan dan tidak minum sembari mengurangi camilan,” ujarnya.

Untuk yang jarang menyantap makanan sehat, perbanyaklah variasi buah dan juga sayuran beberapa hari menjelang puasa.

”Usahakan juga untuk mempersibuk diri supaya pikiran tidak hanya tertuju pada makanan,” tambah Desy.

Desy juga membagikan beberapa tips melaksanakan puasa terutama untuk mencukupi kebutuhan air. Minimum 2 liter air atau 8 gelas dalam sehari wajih diminum.

”Bisa dibagi 2 gelas pada saat sahur, 2 gelas pada saat berbuka puasa, dan 4 gelas sisanya diminum sampai menjelang tidur,” jelasnya.

Minuman kopi dan teh bisa dikonsumsi selama puasa. Namun, dianjurkan dikonsumsi pada saat berbuka puasa supaya cairan dalam tubuh tidak terbuang percuma akibat dari teh dan kopi yang mempunyai sifat diuretik atau memicu produksi air seni.

 

sumber : tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *