Kekuatan Sedekah Seorang Budak

Diposting pada

Kekuatan Sedekah Seorang Budak – Rambu Islam, keajaiban sedekah yang membuat seorang budak batal masuk neraka semua sebab sedekah.

Diriwayatkan dari Aisyah RA, suatu ketika ia membeli seorang budak wanita. Tidak lama kemudian, turunlah Malaikat Jibril ke bumi dan mengatakan sesuatu kepada Nabi Muhammad SAW,

 

“Wahai Muhammad, keluarkanlah budak itu dari rumahmu! sebab sesungguhnya dia merupakan ahli neraka” perintah Jibril.

 

Syahdan, kemudian Nabi memberitahukannya kepada Aisyah. Kemudian Aisyah pun dengan rasa iba, melepaskan kepergian si budak.

 

Bagaimana Aisyah tidak bersedih, bila seketika saja turun wahyu bahwa budak tersebut mau tak mau mesti dikeluarkan dan termasuk sebagai ahli neraka pula. Padahal, Aisyah tidak tahu sebab musabab mengapa ia termasuk ahli neraka.

 

Dengan wajah penuh kasih, Aisyah pun melepaskan budak tersebut dengan memberi beberapa kurma sebagai bekal.

 

baca juga : Pekerjaan Bukan Sumber Rezeki

 

Pada saat di tengah jalan, sang budak merasa kelelahan. Teringat ia pada bekal yang dibawakan oleh majikannya, Aisyah. Disantapnya kurma itu dengan lahap. Tetapi ketika sedang menikmati bekal kurma, datang seorang faqir meminta minta kepadanya.

 

Meski lapar, dan sebenarnya ia juga masih memerlukan bekal kurma, sang budak membagikan sebagian dari kurma yang masih tersisa kepada seorang faqir tersebut.

 

Ia merasa iba, sampai habis tak tersisa untuk dirinya. Ia bagikan semua sisa kurma dari pemberian Aisyah kepada faqir tersebut.

 

Alangkah dahsyatnya kekuatan sedekah. Sesaat kemudian selepas sang budak membagikan kurma kepada seorang faqir. Kembali turun sang Malaikat Jibril ke bumi dan menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW bahwa ia diperintahkan untuk kembali membiarkan sang budak berada di rumahnya.

 

Karena sungguh, akibat dari sedekahnya sang budak, rahmat Allah turun dan ia pun tidak jadi masuk neraka.

-Sumber : Kitab Risalah Nawadirul Hikayah karya Ahmad Syihabuddin bin Salamah Al Qulyubi, NU Online

One thought on “Kekuatan Sedekah Seorang Budak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *