Kenapa Puasa Ramadhan Hanya Untuk Yang Beriman

Diposting pada

kenapa puasa ramadhan hanya untuk yang beriman – Rambu Islam, bulan ramadhan ialah perintah berpuasa bagi orang-orang yang beriman.

Jombang – KH Mustain Syafii, ialah seorang ulama yang berasal dari Jombang menerangkan alasan perintah untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan hanya bagi orang yang beriman saja.

Menurut Kiai Mustain, dipilihnya kata beriman di ayat Al-Qur’an yang menyuruh manusia untuk berpuasa dikarenakan orang yang beriman sangat percaya dengan apa yang dikerjakannya dan sebagian besar orang beriman itu berhasil.

“Orang beriman itu layaknya petani yang menanam kacang dengan cara menaruh bijinya ke dalam tanah. Petani cuma berusaha dan yakin apa yang dilakukannya, Kemudian Allah yang menumbuhkan,” Tegas salah satu pengasuh rubrik tafsir di Majalah Risalah NU ini, Jumat 26 Mei 2017

Kiai yang memiliki konsen di kajian ilmu tafsir ini mengingatkan kepada jamaah untuk beribadah dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan Bulan Suci Ramadhan yang datang sekali dalam setahun.

 

baca juga : Hikmah Puasa Wajib Bulan Ramadhan

 

Selain itu, Kiai Mustain pula menerangkan jika orang yang beriman dapat mancapai derajat taqwa namun orang yang memiliki ilmu tidak dipastikan dapat menggapai taqwa.

Banyak sekali manusia yang berilmu namun tidak dapat menjadikan dia semakin dekat dengan pencipta dan menyadari kedudukannya sebagai manusia. Ilmu yang ada pada dirinya hanya dipakai melayani hawa nafsu syahwat dan nafsu duniawi lainnya.

“Ayat yang menginstruksikan puasa tersebut diawali dengan kata “beriman” dan diakhiri kata taqwa, ini bukan asal pilih kata saja,” pungkasnya.

Sumber: NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *