Kisah Budak Muda Yang Dermawan

Diposting pada

Kisah Budak Muda Yang Dermawan – Rambu Islam, kisah nyata islami seorang budak yang masih remaja penuh kedermawanan sesama makhluk.

Diceritakan suatu ketika ada seorang sufi bernama Abdullah bin Ja’far. Beliau keluar dari rumah dan pergi ke sebuah pekarangan. Dengan kedunya Abdullah lewat di sebuah pekarangan milik tuan tanah. Didalam kebun tersebut tampak seorang budak yang masih muda. Dalam aktivitasnya dia begitu giat dan rajin. Budak itu seperti tidak memiliki rasa lelah.

Pada saat tibanya waktu makan, seorang pembantu majikannya membawakan untuknya sebuah makanan dan kemudian kembali lagi. Belum sempat menyentuh makanan tersebut, datanglha seekor anjing liar masuk kedalam kebun itu. Anjing tersebut lalu mendekati dirinya. Dan pemuda itu memandanginya sebentar. Seketika itu dilemparkannya makanan yang tadi dibawakan untuk anjing tersebut. Kemudian Anjing itupun memakan dengan lahapnya. Itu dilakukannya berkali-kali sampai makanan tersebut habis.

Abdullah bin Ja’far melihat peristiwa itu dengan seksama. Tidak lama kemudian ia tidak tahan dan mendatangi pemuda tersebut. Kemudian Jakfar bertanya, ”Wahai pemuda berapa kali dalam sehari kamu dikirimi makanan oleh majikanmu.”
“Apa yang anda lihat?” Pemuda tersebut berbalik tanya.
“Apa sebab kamu mementingkan anjing itu?” tanya Ja’far lagi.
Lalu pemuda itu menjawab, ”Ini memang bukan bumi anjing, akan tetapi anjing itu datang kemari dari suatu tempat yang amat jauh. Pasti sangat lapar, dan aku tidak dapat menolak untuk memberinya makanan.Aku kosongkan dan melipat perut untuk hari ini,” kata pemuda itu dengan artian mengatakan lapar. “Alangkah dermawannya pemuda yang satu ini, dia lebih dermawan dari saya,” batin Ja’far. Sejenak kemudian Abdullah bin Ja’far berlalu menjumpai majikannya dan membeli kebun, membebaskan budak muda tersebut juga alat yang ada di dalamnya.

 

Source : islami.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *