Kisah Nabi Muhammad Ingat Kematian

Diposting pada

Kisah Nabi Muhammad Ingat Kematian – Rambu Islam, kisah nabi yang sangat memotivasi kita ialah Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Suatu waktu Nabi SAW batal dari wudhu, kemudian beliau buru-buru melakukan tayamum. Hal tersebut dilakukannya dalam menjaga tradisi daimul wudhu’, melanggengkan wudhu.

Hanya saja, para sahabat keheranan dengan apa yang dilakukan Nabi. Bagaimana tidak, apa sebab Nabi bertayamum? Sedangkan tempat untuk wudhu banyak air, yang semestinya dituju begitu dekat jaraknya. Malah yang beliau kerjakan ialah tayamum. Padahal menurut ilmu fiqih, tayamum dapat dilakukan pada saat memang tidak ada air atau sakit yang membahayakan manakala bersentuhan dengan air.

Sebab rasa penasaran yang tidak tertahankan, kemudian seorang sahabat bertanya pada Rasul.

“Wahai Rasul, apa yang menyebabkan engkau bertayamum? Sedang tempat wudhu yang penuh dengan air amat dekat di samping anda?”

Memang, tempat wudhu yang semestinya dituju kurang lebih 6 meter dari tempat duduk rasul berada.

 

baca juga : Betapa Dahsyat Dan Sakitnya Sakaratul Maut

 

kemudian dengan rendah hati Rasul membalas,

“Ya, benar sahabatku. Tempat wudhu, begitu dekat. Tetapi adakah yang dapat menjamin, bahwa umurku mampu untuk menyanggupi langkahku ke tempat wudhu?” tanya nabi dengan tertatih berjalan ke tempat wudhu diikuti decak kagum juga malu oleh sahabat.

Kagum dengan kerendahan hati dan kewaspadaan Nabi. Malu bahwa seorang rasul saja sangat khawatir dengan kehidupan dunia yang hanya sebentar laksana tamu yang singgah sebentar. Lantas, bagaimana dengan kita? Subhanallah.

Ulin Nuha Karim NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *