Kontrol Emosi Di Bulan Ramadhan

Diposting pada

Kontrol Emosi Di Bulan Ramadhan – Rambu Islam, emosi ketika bulan puasa seringkali cepat menyulut akibat dari rasa lapar dan haus.

Tanpa terasa ramadhan sebentar lagi tiba. Ada baiknya kita mulai bersiap-siap memasuki bulan suci. Bukan cuma tahan dengan haus dan lapar, mengatur emosi juga menjadi hal yang perlu dilakukan sepanjang menjalankan ibadah puasa.

 

Emosi merupakan elemen penting dari kehidupan manusia. Emosi yang secara signifikan bisa berubah tanpa mengenal waktu begitu penting untuk diatur supaya puasa tidak menjadi sia-sia. Bagi sebagian orang yang mempunyai tingkat emosi cukup tinggi tentunya diharuskan mampu menahan diri untuk mengatur amarah sepanjang berpuasa.

 

James Gross seorang psikolog dari University of California, Berkeley, dalam studi mengenai emosi yang dilakukannya pada tahun 2001, mengusulkan sebuah model mengatur emosi dengan cara bertahap berikut ini, seperti yang pernah dilansir Liputan6 dari laman Psychology Today:

 

  1. Menyadari Situasi

Memilih untuk menghindarikondisi yang bisa menimbulkan amarah menjadi suatu langkah yang tepat guna mengatur emosi. Sebagai contoh, untuk menghindari kemacetan di jalanan yang dapat menimbulkan emosi, ada baiknya berangkat sekiranya 10 menit lebih awal.

 

  1. Mengalihkan emosi

Ketika sedang berdiskusi atau di dalam perdebatan suatu pekerjaan yang membuat kondisi menjadi memanas, jangan terburu-buru menaikkan emosi Anda. Cobalah belajar dan membiasakan diri untuk tenang dalam bersikap akan membantu diri mengatur emosi dalam diri. Coba bayangkan sesuatu hal yang membuat diri Anda tenang atau senang pada saat pikiran kembali stabil, Anda dapat  membantu situasi panas menjadi lebih damai.

 

  1. Ubah pola pikir

Emosi biasanya berlangsung pada saat pola pikir selalu berpikiran hal yang negatif dan menepikan kebahagiaan. Kecemasan, kegagalan, sekali pun rasa pesimis bisa membuat emosi anda meningkat. Untuk menjauhinya sebelum bertindak coba untuk membuat beberapa pilihan. Antisipasi akan membuahkan hasil yang baik untuk diri Anda.

 

  1. Ubah respons

Ketika emosi mendatangi pikiran anda, langkah yang terakhir untuk mengendalikannya adalah dengan merubah respon. Ambilah napas dalam-dalam seraya memejamkan mata sejenak untuk membuat diri anda tenang. Cara ini sangat ampuh untuk mengumpulkan daya batin yang positif.

 

Sumber : inspirasiramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *