Makhluk Terburuk Melebihi Iblis dan Firaun

Diposting pada

Makhluk Terburuk Melebihi Iblis dan Firaun – Rambu Islam, Firaun dan Iblis merupakan makhluk terburuk, tetapi ada yang melebihi mereka siapa dia ?

Dalam kitab an-Nawâdir karya Syekh Syihabuddin Ahmad ibn Salamah al-Mishri al-Qulyubi asy-Syafi‘i diceritakan, suatu ketika Iblis datang menemui Fir’aun dan berkata, “Hai Firaun apakah kau mengenaliku?”

 

“Ya,” jawab Fir’aun.

 

“Kau sudah mengalahkanku dalam satu perkara.”

 

“Apa itu?” Tanya Fir’aun dengan penuh rasa penasaran.

 

“Kelancanganmu mengaku sebagai tuhan. Sungguh, diriku lebih tua darimu, pengetahuanku luas dan juga lebih kuat dibanding dirimu. Tetapi aku tidak berani melakukan seperti yang kau lakukan.”

 

“Kau benar. Tetapi aku akan bertobat,” kata Fira’un.

 

“Tunggu dulu Fir’aun tak usah buru-buru begitu,” bujuk Iblis la’natullah, “Para penduduk Mesir sudah menerima kau sebagai tuhan. Apabila kau bertaubat, pasti mereka akan meninggalkanmu, merangkul musuh-musuhmu, juga melenyapkan kekuasaanmu, dan pasti kau akan terjatuh dalam kehinaan.”

 

“Kau benar,” jawab Fir’aun, “Tetapi, apakah kau mengetahui siapa penduduk bumi ini yang buruk melebihi kita berdua?”

 

Iblis berkata, “Ya. Orang yang enggan menerima permintaan maaf dari orang lain. Maka ia lebih buruk dari kita berdua.”

 

* Dari kitab an-Nawâdir karya Syekh Syihabuddin Ahmad ibn Salamah al-Mishri al-Qulyubi asy-Syafi‘i (Surabaya: Al-Haramain), h. 57

 

Dari cerita di atas mengajarkan kita untuk selalu memaafkan orang lain seberapa besar kesalahan mereka dan jadikan maaf meaafkan sebagai jalan kebaikan bagi kita semua agar kita terhindar dari julukan tersebut diatas.

 

Terima kasih telah menyimak Makhluk Terburuk Melebihi Iblis dan Firaun dan tetap simak Rambu Islam yang menyajikan informasi seputar keislaman, hikmah dari peristiwa-peristiwa dan sebagainya yang terlengkap dan terupdate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *