Mengapa Malam Lailatul Qadar Dirahasiakan

Diposting pada
Mengapa Malam Lailatul Qadar Rirahasiakan – Rambu Islam, Lailatul Qadar ialah peristiwa di malam bulan Ramadhan yang menjadi misteri.

Lailatul qadar ialah malam paling baik dari semua malam-malam di bulan ramadhan. Apalagi di dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa malam lailatul qadar itu lebih baik dari 1000 bulan. Tetapi, banyak versi yang menjelaskan malam terjadinya pewristiwa lailatul qadar.

Di sejumlah kitab disebutkan bahwa lailatul qadar jatuh ketika tanggal-tanggal ganjil sepuluh hari terakhir bulan ramadhan. Juga ada ulama yang beranggapan lailatul qadar pernah muncul di malam awal ramadhan.

Oleh sebab itu, bisa disimpulkan bahwa lailatul qadar masih menjadi misteri. Mengapa bisa begitu?

Syaikh Syihabuddin bin Salamah Al-Qulyuby pada kitabnya Risalah Nawadirul Hikayah menyebutkan, Allah memang sengaja menyamarkan sebagian perkara bagi manusia. Salah satunya ialah malam lailatul qadar, malam seribu bulan. Ia menafsiri:

Dan Allah merahasiakan lailatul qadar pada dalam bulan ramadhan agar manusia bersungguh-sungguh dalam menghidupkan malam-malam ramadhan. Dengan tujuan, manusia bisa bertemu dengan lailatul qadar tersebut.

Allah bukannya mengada-ada mengenai lailatul qadar, Allah juga bukan hanya ingin memberikan harapan palsu untuk hambanya dengan adanya lailatul qadar.

Sesuai keterangan diatas, Allah menyamarkan lailatul qadar tidak lain hanya supaya manusia bersungguh-sungguh di tiap malamnya.

Sebab bila Allah memberi petunjuk kapan malam lailatul qadar itu, dapat dipastikan manusia hanya akan fokus untuk malam itu saja. Dan di malam berikutnya akan bermalas-malasan.

Mari kita bersungguh-sungguh di setiap malam bulan ramadhan. Harapan kita suatu malam nanti ketika kita beribadah, bersamaan dengan malam lailatul qadar, malam seribu bulan. Amin.

(Ulin Nuha Karim) NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *