Menjamu Tamu Ala Rasulullah

Diposting pada

Menjamu Tamu Ala Rasulullah – Rambu Islam, etika menerima tamu dan memuliakan menurut  Rasulullah yang terkandung di hadits memuliakan tamu.

Suatu ketika ada seorang miskin datang kepada Sang Pemimpin mengeluhkan keadaannya yang sangat lapar. Sang Pemimpin kemudian bertanya kepada istrinya apakah ada sesuatu yang dapat disuguhkan kepada sang tamu. Ternyata hanya ada air di rumah Sang Pemimpin. kemudian Sang Pemimpin  bertanya pada orang-orang di sekitarnya, “Siapa yang mau menjamu tamuku ini?”

 

“Saya;” ucap seseorang. Kemudian orang ini bergegas pulang ke rumahnya sendiri dengan tamunya.

 

“Saya bawa tamu itu dari pemimpin kita, hidangkanlah makanan untuk menjamunya!” ucapnya kepada sang istri.

 

“Maaf, makanannya sudah tidak tersedia lagi, kecuali sisa persediaan untuk anak-anak kita;” bisik sang istri.

 

“Sibukkan mereka;” ucap suaminya lirih, “apabila sudah tiba  waktunya makan, usahakan mereka tidur. Nanti apabila si tamu hendak masuk untuk makan, padamkan lampunya dan kita pura-pura ikut makan!”

 

Demikianlah keluarga tersebut melakukan skenario kepala rumah tangganya. Kemudian mereka menahan lapar mereka sendiri hingga keesokan harinya.

 

Pada pagi hari sebelum laporan, Sang Pemimpin yang tidak lain ialah Rasulullah SAW, telah menyambut kepala rumah tangga seorang shahabat Anshor itu sembari tersenyum, Rasulullah SAW bersabda: “Allah takjub menyaksikan perilaku kalian berdua kepada tamu kalian semalam.”

 

Banyak yang beranggapan bahwa kisah ini adalah dongeng, tetapi ini adalah hadis muttafaq ‘alaih yang bersumber dari shahabat Abu Hurairah r.a.

 

Kisah ini disampaikan KH. A Mustofa Bisri (Gus Mus) di akun Facebooknya pada 19 Mei 2009 dengan tajukl “Bukan Dongeng”

 

Demikian semoga kisah Menjamu Tamu Ala Rasulullah ini bisa dijadikan pelajaran bagi kita semua untuk selalu memuliakan tamu dan menerima tamu dengan seperti yang dicontohkan dalam hadits memuliakan tamu.

 

Tetap simak Rambu islam yang menyajikan berbagai informasi seputar dunia islam lengkap dan terupdate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *