Pekerjaan Bukan Sumber Rezeki

Diposting pada

Pekerjaan Bukan Sumber Rezeki – Rambu Islam, rezki tidak tergantung dari hasil kerja sumber rejeki hanya datang dari Allah SWT semata.

Oleh: Ust.Ja’far bin Abdulqodir alhaddar.

 

Memperoleh rezeki sama sekali bukan tergantung dengan sebuah pekerjaan. Allah swt menurunkan rezeki kepada hambanya dengan 2 sebab:

 

1- Adanya usaha

 

2- Tanpa usaha

 

Dengan 2 cara tersebut Allah SWT memberikan rezeki kepada hambanya sesuai dengan kehendak-Nya

 

Jika hamba diberi rezeki melalui perantara pekerjaan (usaha), maka wajib bagi dirinya agar selalu bertaqwa kepada Allah SWT, terus terang dengan pekerjaannya, tidak menghalalkan berbagai cara demi mendapatkan harta, dan ia harus senantiasa bergantung kepada Allah SWT, bukan kepada pekerjaannya.

 

Adapun jika hamba dikaruniai rezeki dengan tanpa perantara (tanpa usaha), maka wajib baginya memiliki keimanan yang kuat atas rezeki yang telah dijanjikan oleh Allah SWT untuknya. Orang yang semacam itu wajib memiliki sifat lapang dada atas apa yang dia peroleh dari rezekinya, sedikit atau banyak dan selayaknya dia selalu menekuni dan banyak beribadah kepada Allah SWT atas peluang yang diberikan oleh Allah SWT kepada dia dalam bentuk kelonggaran waktu.

 

Alhabib Abdullah bin Alwy Al-haddad pada gubahan syairnya berkata ” Rezeki yang untuk orang lain tidak akan sampai kepada kamu, dan rezeki yang telah dipastikan untuk kamu pasti sampai kepada kamu ”

 

alhasil, orang yang bekerja dan tidak bekerja sama benarnya, sebab rezeki itu menjadi urusan Allah SWT. Yang tidak benar ialah pada saat hati seorang hamba mempercayai dan menggantungkan pekerjaannya di dalam urusan rezeki. Seorang hamba mukmin tidak boleh berucap “Kalau aku tidak bekerja dari mana aku dapat memperoleh uang untuk makan?”

Sumber : adabus-sulukil murid.hal.50

 

Wallahu a’lam.

 

Sumber : forsansalaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *