Penjelasan Dua Manfaat Sedekah

Diposting pada

Penjelasan Dua Manfaat Sedekah – Rambu Islam, manfaat shodaqoh dalam islam dan apa hubungannya untuk kehidupan di dunia dan di akhirat.

Sebagai orang yang beriman, kita dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, terlebih sedekah kepada sanak saudara dan orang-orang sholeh yang membutuhkan, karena sedekah terhadap mereka akan diberi pahala yang lebih oleh Allah SWT.
Selain itu, kita dianjurkan pula untuk tidak menyia-nyiakan orang yang meminta bantuan kepada kita, meski yang kita punya hanya satu biji kurma. Sesungguhnya orang yang meminta dikirim sebagai hadiah dari Allah SWT kepada kita. Jika memang tidak ada yang dapat disedekahkan, maka tolaklah dengan baik, yakni dengan perkataan yang palinh bagus sehingga orang yang meminta bantuan tidak merasa sakit hati.
Sesungguhnya, nilai pahala satu suapan yang kita berikan kepada orang yang membutuhkan, disisi Allah SWT lebih besar daripada gunung uhud. Sedekah mempunyai dua manfaat, yaitu manfaat di dunia dan di akhirat. Ada pun manfaat sedekah di dunia antara lain adalah menambah rizqi, diberi umur panjang, meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, menyehatkan badan dan diberikan keberkahan dalam harta.

 

Sementara manfaat sedekah diakhirat antara lain dapat melebur dosa seperti air memadamkan api, mendapat naungan dari sedekahnya di hari kiamat, setrta menjadi penghalang dari azab Allah SWT.
Oleh karena itu, perbanyaklah sedekah karena sesungguhnya harta yang kita sedekahkan dijalan Allah adalah tabungan kita di hari pembalasan nanti. Wallahua’lam.
Source : Majalah Cahaya Nabawiy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *