Persiapan Diri Sambut Bulan Ramadhan

Diposting pada

Persiapan Diri Sambut Bulan Ramadhan – Rambu Islam, Puasa bulan Ramadhan tinggal menunggu beberapa hari lagi marhaban ya ramadhan.

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Lalu persiapan apa yang harus kita lakukan supaya tubuh siap menjalani puasa. Simak uraian berikut ini :

 

  1. Makan Pagi Seawal Mungkin

Sepanjang bulan Ramadhan, Anda harus bangun lebih awal untuk santap sahur sebelum datangnya waktu subuh. Ini merupakan hal yang penting untuk anda jadi sayang jika dilewatkan. Mulai saat ini, coba mulai sarapan lebih pagi untuk mendukung tubuh menjadi terbiasa dan menerima asupan makanan di awal waktu.

 

  1. Makan Dalam Porsi Ideal

Mulai makan dengan jumlah dan porsi sedang dan secukupnya. Hindari jajan secara berlebihan sebab bulan Ramadan semakin dekat dan perilaku semacam ini hanya membuat  nafsu makan Anda semakin bertambah. Jadi  pada akhirnya Anda akan mengalami kesulitan dalam berpuasa.

 

  1. Kurangi Minuman Mengandung Kopi

Apabila Anda penikmat kopi atau pecandu kopi dan anda tidak ingin mengalami sakit kepala pada awal Ramadhan, hendaknya mulai sekarang kurangi mengonsumsi kopi di setiap harinya.

 

  1. Mengurangi Makan Camilan

Tegaskan diri Anda makan tepat pada waktunya, yaitu pagi siang dan malam dan mulailah secara perlahan menghindari kebiasaan makan camilan atau mengemil. Sepanjang Ramadhan, Anda hanya dibolehkan makan ketika sahur dan berbuka puasa (ketika magrib).

 

  1. Tidurlah Secara Teratur

Apabila Anda terbiasa tidur terlambat dan bangun kesiangan, coba mulai saat ini ubah kebiasaan anda ini karena selama Ramadhan Anda diharuskan bangun tengah malam untuk makan sahur. Sebagai opsi, manfaatkan waktu anda untuk tidur di siang hari beberapa menit saja.

 

  1. Berlatih Dengan Puasa Sunnah

Salah satu langkah atau cara yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri anda menjelang Ramadhan ialah berlatih. Misal mencoba dengan melakukan puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis, untuk membuat tubuh anda terbiasa dalam berpuasa.

 

  1. Mempersiapkan Menu Sahur Dan Berbuka Puasa

Persiapkan menu sahur dan berbuka puasa anda sebelum Ramadhan datang akan membantu Anda “ribet”, biasanya di awal Ramadhan. Cobalah membuat daftar menu tiap pekannya, juga bahan-bahan makanan.

 

Terima kasih telah menyimak Persiapan Diri Sambut Bulan Ramadhan semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan acuan untuk menghadapi puasa di bulan ramadhan.

 

Tetap simak Rambu Islam sebagai sarana informasi berbasis Islam terlengkap update setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *