Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

Diposting pada

Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes – Rambu Islam, puasa bulan ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat islam seperti halnya shalat.

Seruan  untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan begitu kuat, juga bagi mereka yang mempunyai penyakit kronik seperti diabetes melitus.

Meski penyakit tersebut bukan larangan untuk berpuasa, tai ada syarat yang mesti dipenuhi supaya puasanya berjalan dengan lancar dan kesehatan tidak menjadi korban.

Yang terpenting adalah persiapan sebelum berpuasa. Terlebih dahulu kadar gula darah harus normal, sehingga dalam berpuasa tidak terjadi kendala metabolisme yang berhubungan dengan gula darah,” kata Dante Saksono, staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Apabila pasien diabetes bereinginan puasa hendaknya melakukan perencanaan 2 sampai 3 bulan sebelum datangnya bulan puasa. Perencanaan tersebut wajib dibawah pengawasan ketat dari dokter. Kata Dante.

Dari pemeriksaan kadar gula darah dokter akan memastikan apakah pasien diabetes itu aman berpuasa atau tidak berpuasa.

“Ada macam-macam penderita diabetes yang mengalami komplikasi, seperti kelainan ginjal. Nah, pasien semacam itu perlu berhati-hati karena bisa menyebabkan bertambah berat komplikasinya,” kata Dante.

Selain kadar gula darah yang harus normal, dokter pun akan merubah peraturan dalam minum obat dan dosisnya dibuat seminimal mungkin. “Jadi ketika berpuasa obat yang akan dikonsumsi  sudah dimodifikasi,” ujarnya.

Perubahan pengaturan obat tersebut misal dari yang tadinya tiga kali sehari dijadikan dua kali dalam sehari. Obat yang biasanya diminum setiap pagi hari dirubah meminum obatnya setelah berbuka.

“Apabila obatnya 2 kali dalam sehari, biasanya obat yang diminum pada saat sahur ditinggalkan. Atau mengurangi dosis pada saat sahur menjadi setengah,” katanya.

Pengaturan obat tersebut diatas diharuskan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Demikian juga dengan penderita diabetes yang sudah memakai insulin. Bagi mereka yang dosis insulinnya tinggi hendaknya tidak berpuasa.

 

Itulah sedikit penjelasan singkat tentang Puasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan kita semua.

 

Tetap simak Rambu Islam sebagai sarana informasi seputar dunia islam terlengkap dan terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *