Ramadhan Tiba Ini 7 Keutamaan Bulan Ramadhan

Diposting pada

Ramadhan Tiba Ini 7 Keutamaan Bulan Ramadhan –Rambu Islam, Ramadhan hikmah puasa di bulan Ramadhan dan keberkahannya.

Ramadhan adalah bulan yang banyak sekali keberkahan, ini menjadi momentum yang paling ditunggu oleh semua umat Islam di muka bumi. Rasulullah SAW member perintah kepada umatnya supaya memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu banyaknya keutamaan pada bulan ini, sehausnya dijadikan motivasi untuk memperoleh ridha Ilahi. Apa saja keistimewaan yang terdapat di bulan Ramadhan Ini? Simak selengkapnya.

 

  1. Berpuasa Selama Sebulan Penuh

“Hai orang-orang yang beriman! diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Al-Baqarah: 183).

 

 

  1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

“Beberapa hari yang ditentukan itu adalah bulan Ramadhan, bulan yang ketika itu diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk untuk umat manusia dan keterangan-keterangan mengenai petunjuk itu dan juga menjadi pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

 

  1. Berlipat Gandanya Pahala

“Hai manusia, bulan yang mulia dan bulan yang agung, bulan yang penuh dengan berkah telah menaung. Bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah member kewajiban berpuasa. Disunnahkannya Qiyamullail. Barang siapa yang pada bulan tersebut mendekatkan diri pada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melasanakan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang menjalankan sebuah kewajiban pada bulan tersebut, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dijalankannya pada bulan lainnya. Keutamaan shodaqoh adalah shodaqoh pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).

 

  1. Bulan Penuh Dengan Keberkahan

“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh dengan berkah. Allah member kewajiban atas kamu berpuasa, karena dibukanya pintu- pintu surga, ditutupnya pintu-pintu neraka, dan dibelenggunya para syaitan, juga akan ditemui suatu malam yang sangat berharga dari pada seribu bulan. Barang siapa yang tidak berhasil mendapatkan kebaikannya, sesungguhnya tiadalah ia akan memperoleh itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).

 

  1. Ramadhan Bulan Diampuninya Dosa

Di bulan Ramadhan setiap muslim memperoleh peluang untuk mendapatkan pahala yang banyak, bahkan ibadah yang sempurna ketika di bulan puasa akan menjadikan insan muslim suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan. Selaras dengan Hadist Shahih: “Barang siapa yang menjalankan puasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)

 

 

  1. Dibukanya Pintu Surga dan Pintu Neraka Ditutup

Seluas-luasnya pintu untuk kembali menuju jalan yang benar dan lurus ketika bulan Ramadhan dibuka bagi umat Islam. Sesuai Hadist dibawah ini:

 

“Apabila telah datang bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, dan ditutupnya pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim)

 

 

  1. Terdapat Malam Lailatul Qadar

 

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)

 

Demikian ulasan Ramadhan Tiba Ini 7 Keutamaan Bulan Ramadhan semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Tetap simak Rambu Islam yang sebagai sarana informasi bacaan seputar Islam terlengkap dan terupdate.

 

Sumber: Infoyunik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *