Sebuah Pertanyaan Untuk Sayyidina Ali

Diposting pada

Sebuah Pertanyaan Untuk Sayyidina Ali – Rambu Islam, kisah kepemimpinan Sayyidina Ali yang penuh dengan hiruk pikuk dan keributan.


Melihat semua cobaan berupa kekacauan yang menerjang masa kekhalifahannya, suatu ketika, Sayyidina Ali R.A dikunjungi seorang tamu yang dengan berani mempertanyakan kondisi tersebut.

“Assalamu’alaik, Wahai Imam, saya adalah satu dari bagian rakyatmu yang berkeinginan menanyakan suatu perihal, padamu,”

“Waalaikum salam, katakanlha hai saudaraku, apa yang hendak engkau tanya?,” jawab Sayyidina Ali.

“Sebelumnya saya mohon maaf, saya mempunyai sebuah pertanyaan yang juga menjadi suatu beban dihati selama ini. Apa sebab ketika kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW tidak adanya suatu keributan dan hiruk pikuk apapun, seluruh umat mentaati dan patuh padanya, tapi sekarang, dibawah kepemimpinan anda, rakyat sangat mudah tersulut untuk bertengkar, malah dengan teganya memerangi saudara sendiri, yang merupakan sesama muslim?,”

Kemudian Sayyidina Ali RA tersenyum mendengar pertanyaan pertanyaan itu, menarik nafas sebentar, dan menjawab:

“Baik, akan aku jawab semua pertanyaanmu. Ketika dibawah kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW, seluruh umat taat dan patuh sebab yang jadi rakyat ketika itu ialah orang-orang sepertiku. Sedangkan sekarang, dibawah kepemimpinanku, mayoritas rakyat ialah orang-orang sepertimu.”

 
Dikutip dari ceramah KH. Mustofa Aqil Siroj di malam peringatan 40 Hari

Sobih Adnan.Red NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *