Sholatnya Rajin Namun Tetap Maksiat

Diposting pada

Sholatnya Rajin Namun Tetap Maksiat – Rambu Islam, shalat merupakan tiang bagi agama waktu sholat telah ditentukan sesuai perintahnya.

Salah satu peran ibadah sholat ialah mencegah seseorang dari tindakan keji dan mungkar ( maksiat ). Allah SWT berfirman:

Sungguh, sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. (QS al Ankabut: 45)

Namun tidak sedikit orang yang melakukan ibadah sholat tapi tetap melakukan kemaksiatan ? Padahal terdapat ancaman yng besar untuk mereka yang sholatnya demikian.

 

Rasulullah SAW bersabda ” Barang siapa shalatnya tidak dapat mencegah dia dari perbuatan keji dan mungkar maka sholatnya tidak menambah apa pun kecuali jauhnya dari Allah SWT.”

Ini merupakan ancaman untuk orang yang mengerjakan sholat tetapi tidak khusyuk, lalu bagaimana dengan ancaman bagi orang yang sama sekali tidak mengerjakan sholat?

Apa sebab sholat kita tidak bisa mencegah dari perbuatan yang mungkar? Imam Ghozali RA menegaskan ” Sholatnya orang yang lalai, tidak khusyu, hatinya tidak hadir maka sholatnya tidak dapat mencegah dia dari perbuatan keji dan mungkar.”

 

Alhasil, sholat yang dapat mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar ( maksiat ) ialah sholatnya orang yang hatinya hadir, khusyu, merenungi ayat-ayat al Qur’an yang sedang dibacanya dalam shoatnya dan mengagungkan Dzat yang ia berdiri dihadapannya, yaitu Allah SWT.

 

Semoga Allah SWT memberikan kita kemampuan untuk melaksanakan shalat dengann khusyuk. Aamiinn

Wallahu a’lam.

 

Sumber : forsansalaf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *