Siapakah Orang Yang Dikejar Rezeki

Diposting pada

Siapakah Orang Yang Dikejar Rezeki – Rambu Islam, rezeki yang mengejar kita dengan doa pembuka rezeki dan doa minta rezeki.

Dikejar-kejar rezeki siapa sih yang tidak mau! Sudah pasti, kita menginginkan hal seperti itu, bukan? namun, banyak orang yang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Padahal, tidak demikian lho! Rezeki bisa kok mengejar kita, tidak harus membanting tulang maksudnya tanpa perlu kita bersusah payah dalam mencari rezeki. Lalu, apa yang harus diperbuat?

 

Caranya ialah menjadi manusia yang bertaqwa. Benar, golongan orang-orang yang bertaqwa akan memperoleh jaminan rezeki dari Allah SWT yang melimpah. Bahkan, rezeki itu datang dari arah yang tidak bisa diduga.

 

Perihal tersebut sudah diterangkan Allah SWT dalam Surat Ath-Thalaq ayat 2-3, “Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, Dia akan memberikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka. Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, Dia akan memberikan kecukupan baginya.”

 

Yang dimaksud dengan tawakal adalah berserah diri dan menyandarkan hati hanya kepada Allah SWT. Golongan ini yakin hanya Allah semata yang bisa memberi, mencegah juga memberikan keburukan dan manfaat.

 

Sebagaimana diterangkan oleh ‘Umar bin Khaththab RA, dari Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya kalian sungguh-sungguh di dalam bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rezeki seperti Allah memberi rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam kondisi lapar dan kembali dalam keadaan kenyang,” (Hadist Riwayat Imam Ahmad, Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Hibban, Ibnu Majah, dan Al Hakim. Imam Tirmidzi berkata hasan shahih).

 

 

 

Dari hadist tersebut menunjukkan bahwa sikap tawakkal yang benar harus disertai dengan mengambil sebab yang diisyaratkan. Tetapi mengambil salah satu sebab bukan berarti menafikan (meniadakan) tawakkal. Ketika Rasulullah memasuki Kota Mekkah ketika peristiwa Fathul Mekah, Nabi SAW tetap memakai pelindung kepala (ini memperlihatkan beliau mengambil sebab untuk melindungi diri beliau).

 

Rasulullah SAW pun sudah memberi petunjuk untuk menyatukan di antara mengambil sebab dan bersandar kepada Allah. Sebagaimana Nabi SAW bersabda, “Semangatlah kalian kepada perihal yang bermanfaat untuk kalian dan mohonlah pertolongan kepada Allah,” (HR. Muslim 2664).

 

Terima kasih telah menyimak Siapakah Orang Yang Dikejar Rezeki mudah-mudahan bermanfaat.

 

Sumber : islampos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *