Tips Mendidik Anak Puasa Ramadhan

Diposting pada

Tips Mendidik Anak Puasa Ramadhan – Rambu Islam, cara mendidik anak dalam berpuasa ayah ibu perlu kesabaran dan perlahan-lahan.

Puasa merupakan salah satu perkara wajib bagi seorang Muslim dan harus ditunaikan. Berkenaan dengan hal tersebut, melatih anak untuk berpuasa merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan agar menjadikan seorang anak terbiasa dengan keadaan ini.

Terkadang seorang anak hanya ingin ikut-ikutan berpuasa seperti yang dilakukan orang tuanya. Pada saat hal ini terjadi, tak jarang kebingungan menghampiri para orangtua, mengingat anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Ketika berpuasa, kadar gula dan nutrisi lainnya di dalam darah akan mengalami penurunan. Padahal, gula dan nutrisi itu begitu penting dalam membantu perkembangan otak dan pertumbuhan si anak.

Oleh sebab itu, berpuasa bukan menjadikan sebuah kewajiban untuk anak yang belum akil baligh, dan tentunya orang tua tidak diperbolehkan memaksa anak untuk melakukan puasa seperti orang dewasa. Akan tetapi, orang tua dapat memulai mengenalkan dan juga melatih anak untuk melakukan puasa secara bertahap supaya  anak dapat menjalani ibadah puasa dengan baik di saat ia dewasa. Berdasar dari penelitian, waktu yang terbaik melatih anak untuk berpuasa bisa diterapkan orang tua dengan memperkenalkan ibadah berpuasa kepada anak yang telah memasuki usia 4 tahun.

Menurut dr. Vicka Faradiba, SpA yang termuat pada laman dokteranakku.net, usia yang pas untuk melatih anak puasa, seperti halnya mengajarkan anak untuk sholat ketika usia anak berumur 7 tahun. Tetapi pelatihan berpuasa pada anak dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan usia dan kemampuan yang dimiliki anak. Semenjak usia 4 tahunan anak sudah bisa ikut berperan dalam berbagai ritual agama atau kegiatan-kegiatan di bulan Ramadan, misalnya shalat tarawih, tadarus surah-surah pendek, juga bangun makan sahur dan berbuka puasa sehingga membangkitan kesadaran berpuasa kepada anak. Ketika anak masuk usia 5-6 tahun, boleh dicoba untuk berpuasa selama 6 hingga 8 jam terlebih dulu dan sedikit demi sedikit dicoba hingga adzan maghrib berkumandang.

Tugas orangtua ialah memberikan pengertian pada anak tentang ibadah puasa. Orang tua tidak harus memaksa seorang anak untuk bisa berpuasa hingga sebulan, karena yang paling penting bukanlah ketaatan anak didalam melakukan ibadah puasa, tetapi makna yang dapat pahami anak dari berpuasa, demikian Tips Mendidik Anak Puasa Ramadhan yang  dilansir dari berbagai sumber.

Tetap simak Rambu Islam yang menyajikan informasi seputar Islam terlengkap dan terupdate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *