Tips Puasa Sehat Saat Bulan Puasa

Diposting pada

Tips Puasa Sehat Saat Bulan Puasa – Rambu Islam, tips sehat saat bulan puasa dengan hidangan menu sahur sehat hingga menu buka puasa sehat.

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi, di mana semua umat islam wajib untuk berpuasa karena itu merupakan salah satu rukun islam, tahan dari rasa lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, selama sebulan penuh. Meskipun begitu, puasa mempunyai begitu banyak faedah untuk kesehatan, tentu jika dilakukan dengan cara yang sehat pula.

 

Ibadah puasa di siang hari tak lantas menyebabkan tubuh menjadi lemas dan lesu. Pola makan yang berubah selama Bulan Puasa mesti disiasati secara benar supaya tubuh tetap dalam keadaan sehat dan bugar dalam melakukan aktifitas di siang hari. Terlebih lagi, setelah Ramadhan terlewati, selain menjadikan kita lebih dekat dengan Allah, kita juga menjadi pribadi yang lebih sehat dibanding sebelumnya.

 

Berikut ini adalah beberapa tips sehat menjalani puasa Ramadhan:

 

  1. Santap Sahur

 

  • Aturlah waktu anda untuk makan sahur pada akhir waktu. Selain bermanfaat untuk memberi energy bagi tubuh untuk berpuasa di siang hari, makan sahur pada akhir waktu lebih dianjurkan berdasarkan sunnah Rasul.

 

  • Atur porsi makanmu dengan normal, hindari makan berlebihan. Fokuslah untuk menyantap makanan yang benyak mengandung karbohidrat kompleks dan protein, juga dengan buah dan sayuran. Pilihlah makanan yang banyak mengandung air selama makan sahur juga sangat baik untuk hidrasi tubuh anda di siang

 

  • Mengakhiri makan sahur anda dengan segelas susu sebagai pelengkap nutrisi tubuh anda. Meminum suplemen atau multivitamin yang biasa anda konsumsi atau yang disarankan para

 

  • Membatasi makan makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, sebab makanan tersebut justru bisa membuat tubuh menjadi lemas di siang hari.

 

  • Minumlah air secukupnya. Sebelum tibanya waktu imsak, sangat disarankan minum air yang cukup, tiga sampai lima gelas. Alangkah baiknya menghindari minum minuman mengandung kafein seperti kopi atau teh karena bersifat diuretik yang membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

 

  1. Selama Berpuasa

 

  • pada waktu siang hari, hindari berlama-lama di bawah teriknya sinar matahari dan kurangilah aktifitas fisik.

 

  • Apabila ada waktu, manfaatkanlah waktu untuk merileks tubuh anda, dengan mengganti waktu tidur yang kurang dikarenakan selama bulan puasa bangun lebih awal untuk santap Setelah waktu sholat dzuhur merupakan waktu yang pas untuk beristirahat.

 

  • apabila punya waktu luang pada sore hari, manfaatkanlah waktumu untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda, atau yoga. Karena hal ini merupakan aktifitas yang baik demi menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

 

  1. Buka Puasa

 

  • Ketika waktu buka puasa telah tiba,hendaknya hindari makan secara Alangah baiknya ikuti sunnah, yaitu dengan memakan buah kurma dan minuman yang manis terlebih dahulu seperti susu, jus buah, atau hanya air putih. Minumlah air secukupnya untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang selama berpuasa.

 

  • Setelah magrib, santaplah menu makanan utama, dengan menu yang seimbang. Makanlah sesuai porsi yang biasa anda makan, janganCukupi dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan juga buah-buahan.

 

  • Hindarilah memakan gorengan secara berlebihan, dan batasi makan makanan yang pedas, supaya perut tidak terasa mules dan mengganggu pencernaan dalam tubuh anda.

 

  • Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh anda. Usahakan untuk meminum air putih sebelum tidur setidaknya sebanyak lima gelas.

 

Dengan menerapkan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, semoga ibadah puasa kita semua menjadi lancar, penuh semangat, hikmat, dan juga sehat.

 

Terima kasih telah menyimak Tips Puasa Sehat Saat Bulan Puasa dan simak terus Rambu Islam yang menyajikan informasi seputar dunia Islam terlengkap dan terus update setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *